8 Minuman Berbuka Puasa Yang Segar dan Rasanya Manis Semanis Senyumanya

Buat kalian yang sedang ngabuburit dan kepengen bukber dengan takjil minuman. Minuman manis dan segar memang menjadi salah satu favorit bagi kalangan umat muslim untuk menemani hidangan takjil. Nah saking banyaknya pilihan minuman untuk takjil, kita kadang bingung mau pilih minuman apa, Iya kan?. Tentu dari sekian banyak pilihan minuman takjil. Pasti ada daftar favorit pilihan masyarakat. Penasaran apa saja? Yuk simak baik-baik daftar minuman takjil favorit orang Indonesia.

1. Minuman Es Cendol atau Es Dawet

http://www.satujam.com

Es Cendol atau yang juga dikenal dengan nama  es dawet merupakan minuman manis khas Indonesia. Saat bulan puasa es dawet ini begitu populer karena mudah ditemukan di pinggir jalan. Bahan utama dari minuman es dawet ini adalah dawet yang dibuat dari tepung beras dan tepung hunkwe.

Dawet diolah dengan ditambahkan perwarna makanan dan dengan bentuk yang kecil memanjang. Umumnya berwarna hijau ada pula yang berwarna merah ataupun hitam.

Kuah untuk Es Dawet ini berasal dari santan dan air rebusan di campur dengan daun pandan. Rasa manis yang khas ada pada minuman ini diperoleh dari gula merah cair, kadang kita juga bisa meminta kadar kemanisan sesuai selera kita.

2. Minuman Es Teh

Kalau semua orang Indonesia pada umumnya pasti sudah pernah meminum es teh. Pasalnya setiap tempat makan pasti menyediakan minuman yang satu ini. Atau malah kebanyakan orang dirumah pasti punya teh yang siap seduh.

Seiring berjalanya waktu es teh berkembang sedemikan rupa dengan varian yang bermacam-macam. Ada es teh rasa buah, rasa cokelat , rasa vanilla dan sebagainya. Dimana hal ini menjadi variasi baru untuk berbuka dengan es teh yan sekarang memiliki banyak kombinasi rasa.

Membikin es teh mungkin hal yang paling mudah dari semua minuman manis yang ada. Tinggal seduh teh dengan sedikit air panas tambahan air, gula dan es sesuai dengan selera.

3. Minuman Es Buah

http://www.pengusahasukses.com

Es yang satu ini bisa dibilang es dengan paling banyak vitamin. Kenapa? Sesuai dengan namanya es buah, kombinasi dari berbagai buah-buahan yang tentunya memiliki kandungan vitamin yang baik untuk tubuh.

Umumnya untuk isi dari Es Buah ini berbeda dari setiap penjual yang ada. Ada yang pakai nanas, apel, kiwi, melon, semangka, jeruk, buah naga dan buah lain-lainya. Tergantun penjual es buahnya, jadi tidak ada patokan standar isi dari es buah ini.

Nah, untuk membuah es buah cukup mudah, siapkan air matang, susu kental manis dan sirup. Lalu tinggal ditambahkan buah-buahan sesuai dengan selera dan juga ditambahkan dengan es yang dipecah ataupun diserut.

4. Minuman Es Kelapa Muda atau Es Degan

https://economy.okezone.com/

Buah kelapa muda memang buah yang memiliki banyak manfaat dari isi, cangkang, sampai ke kulitnya. Kalau diolah menjadi minuman umumnya kelapa muda diambil air dan isinya.

Di pinggir jalan kita sangat mudah untuk menemukan penjual es kelapa muda atau es degan. Karena kandungan kelapa muda sendiri yang baik untuk tubuh dan menggantikan ion tubuh yang hilang akibat dehidrasi saat berpuasa.

Penyajian es kelapa muda sendiri dibilang cukup mudah tapi juga membutuhkan sedikit tenaga. Untuk mendapatkan air kelapa muda kita harus memecahnya sedikit sampai dapat untuk melubangi lapisan cangkang. Kemudian dituangkan airnya ke gelas tambahkan es, gula putih atau merah sesui selera. Ambil daging buah degan dan campurkan kedalam minuman tadi, terakhir tambahkan perasan jeruk nipis.

5. Minuman Es Blewah

http://www.tribunnews.com

Es blewah juga minuman yang populer di Indonesia, sama halnya dengan dawet, es blewah sangat populer dan menjadi minuman favorit saat berbuka puasa. Rasanya yang manis dan dengan tambahan buah blewah yang diiris kecil kecil menjadi minuman ini terasa menyegarkan.

Es blewah adalah minuman keluarga yang harganya cukup terjangkau dan dapat mudah ditemukan dipasaran. Membuatnya  juga cukup mudah siapkan buah blewah kemudian daging dari buah blewah diserut, untuk kuahnya dibuah dari sirup, akan lebih nikmat jika ditambahkan susu kental manis. Terakhir tambahkan es batu untuk menciptakan sensasi dinginnya.

6. Minuman Es Cokelat

Siapa sih yang gak suka dengan cokelat? Nah, minuman es cokelat akhir-akhir ini menjadi minuman takjil oleh kalangan anak muda. Dimasa sekarang minuman es cokelat sudah banyak ditemui dipinggir jalan dengan berbagai macam rasa dan dengan harga yang bervariasi.

Es cokelat banyak dipilih sebagian besar anak muda untuk menjadi takjil saat berbuka puasa. Dikarenakan rasanya yang segar manis ditambahkan ciri khas rasa cokelat yang membuat perasaan lebih bahagia.

Untuk pembuatanya sendiri mungkin bahan yang harus ada sih bubuk cokelat itu sendiri. Dan metode pembuatanya hampir sama dengan minuman yang diseduh terlebih dahulu. Kalau mimin sendiri sih lebih sering beli es cokelat yang langsung jadi di pinggir jalan hehehe.

7. Minuman Es Rumpul Laut

http://www.tribunnews.com

Es rumput laut adalah salah satu minuman yang biasa disajikan dalam bentuk minuman dingin. Menikmati es rumput laut memang sangat menyegarkan. Apalagi, bila dipadukan dengan bahan lain secara tepat. Hasilnya, pasti akan sangat nikmat dan menyegarkan.

Cara membuat es rumput laut ini cukup mudah, kamu tinggal membeli bahan utamanya yaitu rumput laut, kemudian cuci bersih. Setelah itu siapkan kuahnya.

Untuk kuahnya sendiri dibuat dengan air santan yang sudah direbus dan ditambahkan susu dan sedikit gula pasir, tentunya ditambahkan sirup manis dengan takaran sesuai selera yang menjadikan minuman es rumput laut lebih menggugah selera.

Biasanya es rumput laut disajikan dengan buah-buahan seperti melon, storberi, apel dan buah alpukat di campur dengan jelly dan nata de coco.Setelah semuanya siap, jangan lupa untuk pendinginya yaitu serutan es batu. Es rumput laut siap disajikan untuk minuman takjil buka puasa.

8. Minuman Es Karamel

Es Karamel? Mungkin sebagian orang Indonesia masih awam dengan minuman satu ini. Tapi es karamel malah justru menjadi minuman yang hits dikalangan kaula muda.

Dimana paduan manis karamel, susu , dan segarnya es membuat minuman yang satu ini menjadi teman pas untuk takjil buka puasa. Mimin sarankan untuk coba deh minuman es karamel ini. Karena rasanya yang manis bikin nagih dan gak bikin eneg untuk menjadi minuman penghilang rasa dahaga pada saat puasa.

Kalau untuk pembuatanya sendiri, mimin kurang begitu mengerti. Karena lebih sering dan suka untuk beli langsung ke outlet atau cafe yang menjualnya tanpa bikin ribet.


Delapan rekomendasi minuman segar untuk menemani buka puasa kalian. Selain itu, minuman diatas juga sangat cocok dengan lidah orang Indonesia. Kamu bisa membuat minuman diatas menjadi takjil yang akan dinikmati sekeluarga, teman atau dibagikan ke orang lain.

Minuman – minuman diatas juga sangat baik bagi pereda stress saat pikiran terasa suntuk dan penghilang dahaga akibat berpuasa, karena rasanya yang nikmat dan menyegarkan.

Banyak sekali minuman-minuman segar yang menjadi pilihan untuk menemani wkatu berbuka puasa. Sebagian diantaraya kita dapat membuat sendiri dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan disekitar kita.

Tinggalkan komentar

Open chat
Butuh bantuan?
Hai, Ada ada yang bisa dibantu?