9 Manfaat Cokelat Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Cokelat atau coklat merupakan makanan atau minuman dari biji kakao. Makanan yang diminati masyarakat hingga menjadi simbol kasih sayang dan romantisme.

Namun, makanan manis tersebut memiliki efek samping negatif dan positif, karena kandungan nutrisi dan kafein yang membuat cokelat baik untuk kesehatan dan kecantikan.

Di dalam 100 gram cokelat ternyata ada beberapa nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti air, energi, protein, lemak, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, zat besi, natrium, dan kalium, serta kafein.

Akan tetapi, jika dikonsumsi secara berlebihan, dapat menimbulkan efek samping berupa peningkatan detak jantung, sering buang air kecil, sulit tidur, sembelit, hingga migrain.

Untuk bisa jika dikonsumsi secara normal cokelat memiliki manfaat kesehatan yang sangat beragam, lantaran banyaknya kandungan nutrisi dan mineral yang dimilikinya.

Mengutip dari laman hellosehat.com dan alodokter.com, serta doktersehat.com, berikut 9 manfaat cokelat.

1. Meningkatkan fungsi otak
Cokelat ternyata bisa membantu fungsi kognitif otak, tak terkecuali menguatkan daya ingat, terutama cokelat hitam dinilai dapat meningkatkan fungsi otak pada orang tua yang sudah mulai mengalami penurunan fungsi kognitif, karena kandungan flavonoid di dalam cokelat membuat aliran darah menuju otak lancar.

2. Menurunkan kolesterol
Diketahui bahwa salah satu cara untuk menurunkan kolesterol bisa dilakukan dengan mengkonsumsi cokelat, karena kandungan polifenol dan teobromin di dalam cokleat bisa meningkatkan kolesterol baik di dalam tubuh.

3. Menurunkan hipertensi
Cokelat ternyata juga bisa membantu menurunkan darah tinggi, karena coklat memiliki flavonoid yang berfungsi meningkatkan produksi nitrit oksida. Zat inilah yang membuat pembuluh darah melebar dan tekanan darah menjadi turun.

4. Mencegah penyakit jantung
Cokelat ternyata juga memiliki manfaat untuk menurunkan risiko gangguan pada jantung, karrna berkaitan dengan penurunan tekanan darah. Cokelat hitam dipercaya bisa menurunkan terkanan darah pemicu jantung.

5. Menghambat sel kanker
Cokelat memiliki kandungan antioksidan yang bermanfaat mencegah kerusakan sel akibat kanker. Meskipun demikian, penelitian mengenai hal tersebut masih perlu dikaji lebih lanjut.

6. Memperbaiki suasana hati
Selain itu, Cokleat juga dipercaya bisa memperbaiki mood. Manfaat cokelat untuk mood ini karena bisa menurunkan hormon kortisol serta meningkatkan hormon endorfin dan serotonin.

7. Membuat kulit lebih segar.
Selain baik untuk kesehatan, ternyata cokelat juga bisa membuat kulit lebih segar, karena memiliki kandungan antioksidan dan vitamin C yang membuat kulit lebih lembab dan terhidrasi.

8. Melindungi kulit dari paparan sinar UV
Sinar UV jika terus menerus mengenai kulit bisa menyebabkan kerutan dan garis harus diwajah. Kandungan tritofan di dalam cokelat bisa melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

9. Mencegah jerawat.
Ternyata cokelat juga bisa mengatasi masalah jerawat, karena cokelat memiliki kandungan antioksidan yang bisa merangsang sel kulit serta membunuh bakteri penyebab jerawat.10. Mengatasi sel kulit mati

Tinggalkan komentar

Open chat
Butuh bantuan?
Hai, Ada ada yang bisa dibantu?