Segudang Manfaat Coklat Hitam untuk Diabetes hingga Hipertensi

Berbagai manfaat coklat hitam bagi kesehatan tubuh sangat jarang diketahui oleh masyarakat khususnya di Indonesia.

Coklat hitam mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh seperti, karbohidrat, protein, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, dan kalium.

Rasa dari coklat hitam lebih pahit dibandingkan dengan coklat lainnya karena hanya mengandung cacao dan mentega cacao saja, tidak mengandung susu atau mentega tambahan.

Berikut ini beberapa manfaat coklat hitam yang harus kamu ketahui, khususnya manfaat coklat hitam untuk diabetes, hipertensi, hingga jantung:

  1. menurunkan tekanan darah atau hipertensi

Coklat hitam memiliki kandungan flavanol, yang berfungsi untuk memperbaiki dan aliran darah dan membantu tekanan darah agar lebih stabil

  1. menurunkan risiko serangan jantung

Kandungan flavanol pada cocoa dapat meningkatkan elastisitas pembuluh darah sehingga mengurangi beban kerja jantung, dan baik untuk melindungi dari radikal bebas.

  1. melindungi kulit dari sinar ultraviolet

Manfaat coklat hitam selanjutnya yaitu melindungi kulit dari sinar ultraviolet. Kandungan flavanol pada biji cocoa sangat efektif melindungi kulit agar tidak rusak karna paparan sinar ultraviolet.

Selain itu coklat hitam juga bisa membantu meningkatkan kelembaban kulit dan mencerahkan kulit agar kulit tidak kusam.

  1. meningkatkan kecerdasan

Manfaat coklat hitam bisa meningkatkan daya ingat dan kecerdasan otak, karena mengkonsumsi coklat ini secara rutin dapat meningkatkan aliran darah ke otak sehingga kinerja otak meningkat dan semakin maksimal.

  1. manfaat coklat hitam untuk diabetes

Diketahui coklat hitam mengandung rendah gula dan tidak mengandung susu dan mentega tambahan, maka rasa coklat hitam lebih pahit disbanding coklat pada umumnya

Itulah yang menyebabkan coklat hitam ini aman dikonsumsi bagi penderita diabetes. Tetapi konsumsilah dalam porsi yang secukupnya dan tidak berlebihan.

Cokelat hitam yang dikonsumsi secara berlebihan justru dapat menyebabkan penumpukan lemak pemicu obesitas.

Coklat hitam bisa kamu jadikan salah satu cemilan sehat karena banyak manfaat coklat hitam yang bisa kamu dapatkan. Asalkan, tetap konsumsi dengan porsi yang tidak berlebihan dan menjalankan hidup dengan pola yang sehat

Tinggalkan komentar

Open chat
Butuh bantuan?
Hai, Ada ada yang bisa dibantu?