Turunkan Berat Badan Hingga Cegah Kanker, Ini 3 Manfaat Coklat Hitam untuk Kesehatan

Coklat hitam atau dark chocolate ternyata merupakan sumber antioksidan yang sangat baik. Studi menyatakan bahwa asupan cokelat hitam dalam jumlah sedang dapat membantu menurunkan berat badan. Coklat hitam juga memiliki manfaat untuk kulit dan jantung.

Kandungan flavanol kakao dalam coklat memiliki efek antioksidan yang meningkatkan kesehatan jantung, membantu melawan kanker, dan meningkatkan fungsi otak.

Berikut ini adalah tujuh manfaat coklat hitam dilansir dari Stylecraze:

1. Menurunkan berat badan

Asupan coklat hitam dalam jumlah sedang dapat meningkatkan rasa kenyang dan dapat menyebabkan penurunan berat badan.

Penelitian menunjukkan bahwa coklat hitam mungkin berperan dalam menurunkan berat badan. Flavonol yang terdapat pada coklat menghambat penyerapan lemak dan karbohidrat dalam tubuh, sehingga meningkatkan rasa kenyang.

2. Melindungi kulit

Flavanol dalam coklat hitam (dark chocolate) dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

Studi menunjukkan bahwa flavanol makanan dari kakao menawarkan fotoproteksi dan meningkatkan sirkulasi darah dermal.

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Antioksidan dalam coklat hitam dapat mengurangi risiko penyakit jantung dengan mencegah oksidasi, menurunkan kadar kolesterol jahat, dan meningkatkan kadar kolesterol baik. Kebiasaan mengonsumsi coklat dapat menurunkan risiko penyakit jantung koroner.

Penelitian telah menunjukkan bahwa coklat hitam memiliki lebih banyak manfaat daripada coklat susu.

Beberapa sumber mengklaim bahwa coklat hitam dapat meningkatkan produksi oksida nitrat, yang melemaskan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah. Namun, masih dibutuhkan lebih banyak penelitian untuk membuktikannya.

Studi menunjukkan bahwa makan coklat hitam lebih dari lima kali seminggu dikaitkan dengan risiko penyakit jantung koroner 57% lebih rendah. 

Tinggalkan komentar

Open chat
Butuh bantuan?
Hai, Ada ada yang bisa dibantu?