4 Makanan Bikin Otak Pintar dan Sehat, Ada Cokelat

Ikan salmon terkenal akan kandungan protein dan asam lemak omega-3 nya yang tinggi. Selain itu, salmon diketahui kaya akan nutrisi dan dapat mengurangi faktor risiko beberapa penyakit.

  Vanessa Rissetto, MS, RD, CDN, salah satu pendiri Culina Health, mengatakan konsumsi asam lemak omega-3 yang cukup dapat membantu kita menyimpan informasi saat kita mempelajarinya. Ikan berlemak seperti salmon, mackerel, trout, herring, dan sarden merupakan sumber yang kaya akan dua jenis asam lemak omega-3: EPA dan DHA.  

Selain membantu Anda menyimpan informasi dalam jangka pendek, asam lemak omega-3 juga dapat membantu memerangi penurunan mental terkait usia.  

“Asam lemak omega-3 mengatur fungsi otak dan membantu melawan penurunan memori,” kata Rissetto.   Kesehatan mental adalah elemen kunci lain dari kesehatan otak. Penelitian telah menunjukkan bahwa tidak cukup mengonsumsi asam lemak omega-3 yang ditemukan pada ikan berlemak terkait dengan depresi.  

“Tidak hanya menambahkan salmon ke dalam makanan Anda membantu fungsi kognitif ini, tetapi juga dapat berkontribusi pada kesehatan emosional Anda dengan mengurangi gejala depresi dan kecemasan,” kata Risetto.   Tentu saja, ikan berlemak bukan satu-satunya makanan yang dapat  meningkatkan fungsi otak. Melansir Eat This, Rabu (1/9/2021), berikut adalah beberapa makanan yang dapat Anda konsumsi, untuk meningkatkan fungsi otak.  

1. Blueberry

Blueberry adalah tanaman buah yang berasal dari Amerika Utara. Saat ini, Anda dapat menemukan buah ini dimana saja. Blueberry kaya akan senyawa tanaman yang disebut anthocyanin yang menurut penelitian memiliki efek anti-inflamasi dan antioksidan pada tubuh. Antioksidan memainkan peran kunci dalam mengurangi peradangan yang terkait dengan penyakit neurodegeneratif.  

2. Kunyit

Bahan aktif dalam kunyit yang disebut kurkumin diketahui membawa semua manfaat kesehatan otak. Penelitian telah menunjukkan bahwa bila dikombinasikan dengan lada hitam, kunyit dapat membantu membersihkan plak di otak dan meningkatkan daya ingat pada penderita Alzheimer.  

3. Cokelat hitam

Cokelat hitam mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Para peneliti telah menunjukkan bahwa sekelompok senyawa tanaman antioksidan yang dikenal sebagai flavonoid dapat membantu meningkatkan memori dan menunda penurunan mental terkait usia. Kuncinya adalah membeli cokelat hitam yang memiliki kandungan kakao 70 persen atau lebih.  

4. Telur Telur,

terutama kuning telur, menawarkan begitu banyak nutrisi. kuning telur kaya akan nutrisi yang disebut kolin, dan dua penelitian dari 2012 dan 2011, masing-masing, menunjukkan bahwa asupan kolin yang lebih tinggi dikaitkan dengan peningkatan fungsi mental dan memori.

Tinggalkan komentar

Open chat
Butuh bantuan?
Hai, Ada ada yang bisa dibantu?