Kisah Cokelat di Indonesia

Sejarah cokelat Indonesia tak serta-merta muncul begitu saja. Bahan pangan ini juga memiliki sejarah yang panjang. Dalam laman History.com, disebutkan bahwa cokelat mulanya dikonsumsi oleh penduduk Mesoamerika kuno.

Namun saat ini cokelat hanya digunakan sebagai minuman dan hanya dikonsumsi oleh kaum bangsawan.   Cokelat terbuat dari biji kakao. Ahli memperkirakan bahwa pohon kakao mulanya tumbuh di daerah Amazon Utara hingga Amerika Tengah dan Meksioka saja. 

Seiring berjalanannya waktu, cokelat mulai merambah ke seluruh dunia. Termasuk di Indonesia. Lantas, bagaimana sebetulnya sejarah cokelat hingga dapat masuk ke Indonesia? 

Sejarah cokelat di Indonesia Perkebunan kakao sebetulnya sudah ada sejak zaman Hindia Belanda. Tepatnya sejak tahun 1880-an. Namun bukan Belanda yang pertama kali membawa kakao ke Indonesia. Melainkan Spanyol melalui negara koloninya, Filipina.

Mereka mulai membudidayakan pohon kokoa sejak tahun 1560.  Sejarawan kuliner sekaligus dosen Departemen Sejarah Universitas Padjajaran, Fadly Rahman dalam laman Kompas.com menyebut bahwa pemerintah Belanda saat itu masih fokus menggarap kopi dan teh saja. 

Hingga akhirnya, mereka menanam pohon kakao sebagai komoditas lain.  Sejak saat itu, sekitar 1880, Belanda fokus membudidayakan kakao. Bahkan, pada 1938 sudah ada 29 perkebunan kakao di Hindia Belanda. Perkebunan tersebut lantas dinasionalisasi menjadi milik Indonesia pasca kemerdekaan.

Pada abad 19 dan 20, budidaya kakao di Indonesia mulai berkembang pesat. Namun dulu, cokelat hanya digunakan sebagai minuman saja.  Menurut Fadly pada Kompas.com, saat itu cokelat masih dianggap sebagai simbol status sosial.

Fadly pun menunjukkan satu iklan dari merek cokelat yang populer saat itu, namanya “Tjoklat”.  Baca juga: Kenapa Rasa Dark Coklat Pahit? Ketahui Sebelum Menggunakannya Dalam iklan tersebut, tampak wanita Melayu menggunakan kemben dan sanggul, duduk bersimpuh mempersembahkan sebakul buah kakao. 

Pasca kemerdekaan, cokelat di Indonesia semakin berkembang dan memiliki beraneka merek. Saat itu pula, cokelat mulai dikonsumsi oleh seluruh kalangan masyarakat.  Hingga saat ini, perkembangan cokelat di Indonesia juga terus berjalan. Indonesia jugaberada di urutan ketiga sebagai negara penghasil kakao terbesar di dunia. Indonesia memproduksi Kakao sebanyak 777,5 ribu ton.

Ada belasan, hingga puluhan merek cokelat lokal buatan Indonesia yang dapat dibeli dengan mudah. Bentuk penyajian cokelatanya pun semakin beragam. Harga cokelat yang dijual di pasaran juga lumayan terjangkau. Sekarang kamu bisa membeli cokelat dengan harga mulai dari Rp 1.000 saja.

Referensi: Kompas.com

Leave a Comment

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.