Sejarah Cokelat Sejak Tahun 1900-an, Informatif & Bikin Kepo

Cokelat Klasik – Cokelat menjadi konsumsi yang banyak disegani banyak kalangan baik itu tua maupun muda. Memiliki kandungan yang cukup  berat pada cokelat yaitu karbohidrat dan juga kandungan gula, Inilah yang menjadi ketakutan bagi sebagian orang untuk memilih cokelat sebagai bahan konsumsi tiap hari. Namun tak sedikit juga banyak orang yang menggunakan cokelat menjadi treatment makanan diet. 

Perlu diketahui jika cokelat juga memiliki sejarah yang cukup panjang. Oleh karena itu selain mengkonsumsi sebaiknya tahu bagaimana sejarah cokelat yang sebenarnya. Terlebih jumlah kandungan zat yang dibutuhkan oleh manusia namun tidak boleh berlebihan. Hal tersebutlah anggapan mengkonsumsi cokelat secukupnya sangat perlu diperhatikan karena hal tersebut mengenai kesehatan tubuh. 

Daftar Isi

Cokelat atau Coklat?

Sebelum menyelami asal usul cokelat lebih dalam, kita harus tahu hal ini dulu dong. Mana sih yang benar: cokelat atau coklat? Jangan-jangan keduanya benar. Supaya nggak bingung coba kita cek KBBI daring ya. Pertama kita coba cek kata ‘cokelat’.

co.ke.lat1 /cokêlat/

bentuk tidak baku: soklat, coklat

  1. n pohon yang termasuk jenis tanaman daerah panas, tingginya antara 5–6 m, berbunga dan berbuah sepanjang tahun, buahnya berwarna ungu atau kuning bergantungan pada batang yang besar, bentuknya lonjong, panjangnya antara 15–20 cm, mengandung biji seperti kacang-kacangan antara 50–100 biji, biasa diolah menjadi bubuk atau kristal, dibuat minuman atau makanan lezat lain
  2. n bubuk dari biji cokelat
  3. n gula-gula yang dibuat dari bubuk cokelat

co.ke.lat2 /cokêlat/

  1. n merah kehitam-hitaman seper

Lalu bagaimana dengan coklat? Sepertinya yang lo bisa lihat di atas, coklat merupakan bentuk tidak baku dari kata ‘cokelat’. Bahkan, lo tidak bisa menemukan arti kata coklat di KBBI. Namun pada kenyataannya, kata ‘coklat’ sering dipakai oleh banyak orang dan perusahaan.

Bahkan, ada beberapa industri makanan yang menuliskan kata coklat seperti rasa coklat, susu coklat, bahan coklat, dan lain sebagainya. Akan tetapi mulai sekarang sudah fix ya, ‘cokelat’ adalah penulisan baku yang benar sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia. Karena hal ini sudah clear, mari kita seruput teh manis kita sambil berpetualang ke masa lalu, ketika suku legendaris di Mesoamerika berjaya. 

Sejarah Cokelat di Mesoamerika Asal Usul Biji Kakao Dan Cokelat

Cokelat merupakan hasil pengolahan buah pohon kakao. Nah, jejak pohon kakao dan kisah cokelat dapat dilacak hingga lebih dari 4000 tahun yang lalu, di sebuah wilayah geografis yang disebut Mesoamerika. Bila dilihat dengan peta dunia saat ini, wilayah Mesoamerika terbentang dari tengah Meksiko hingga beberapa wilayah di sekitarnya termasuk  sebagian Belize, El Salvador, Guatemala, Honduras, Kosta Rika, dan Nikaragua. Supaya lebih mudah dipahami, coba lihat peta dibawah ini.

Ini adalah peta Amerika yang dibagi menjadi dua kontinen: Amerika Utara dan Amerika Selatan. Di situ tidak ditunjukkan ya mana yang utara dan selatan. Tapi asalkan lo baca tulisan ini sampai akhir paragraf, lo jadi tahu kok hehe. Jadi, di situ kan ada Venezuela sama Colombia tuh, nah mereka merupakan bagian dari Amerika Selatan. Sedangkan daratan ramping di atasnya itu masih termasuk Amerika Utara.

Siapa ya yang pertama kali punya ide untuk mengolah biji kakao menjadi cokelat? Sayangnya, tidak ada peninggalan dan bukti kuat yang bisa menjawab pertanyaan itu. Namun berdasarkan bukti dan temuan arkeologis, suku Olmec (bahasa Inggris: Olmec) merupakan suku tertua yang mengkonsumsi biji kakao yang diolah menjadi cokelat, baik sebagai minuman untuk upacara maupun obat pada tahun 1500 SM. Sebenarnya tidak ada bukti tertulis tentang hal ini, namun ada jejak theobromine di alat makan peninggalan suku Olmec.

Selanjutnya, kita akan membahas suku Maya. Berbeda dengan pendahulunya yaitu suku Olmec, arkeolog dapat menemukan bukti tertulis mengenai konsumsi cokelat suku Maya. Berdasarkan peninggalan tersebut, cokelat ternyata merupakan sangat spesial bagi suku Maya. Bisa dibilang, suku ini benar-benar memuja cokelat. Mereka mengkonsumsi cokelat sebagai minuman di perayaan. Selain itu, mereka juga mengkonsumsi minuman cokelat ketika mereka makan.

Nah, barusan kita sudah membahas konsumsi cokelat oleh suku-suku asli Mesoamerika secara singkat. Pertanyaan, bagaimana cokelat kemudian bisa dikenal dunia seperti sekarang? Untuk membahas itu, kita harus kembali ke tahun 1500an, ketika penjelajah Eropa mulai singgah di benua Amerika dan jatuh cinta kepada cokelat. Langsung saja kita lanjut ke kisah perkembangan cokelat setelah dikenal dunia.

Sejarah Cokelat di Indonesia

Lalu bagaimana cokelat bisa sampai di Indonesia? Para pecinta cokelat di Indonesia harus bersyukur kepada para pelaut Spanyol yang membawa tanaman Kakao ke Indonesia pada tahun 1560. Supaya lebih mudah, mari kita jelajahi kisah sejarah cokelat di Indonesia secara singkat  di bawah ini.

Inilah awal kisah kakao dan cokelat di Indonesia. Pada tahun 1560, para pelaut Spanyol yang menjelajahi jalur Filipina dan tiba di Sulawesi Utara. Sebenarnya mereka berlayar untuk mencari rempah-rempah di Nusantara. Nah, kabar baiknya mereka membawa biji Kakao jenis Criollo dari Venezuela. Akhirnya, tanaman Kakao ditanam di Sulawesi Utara. Sayangnya, produksi kakao di situ kurang baik karena serangan hama dan penyakit namun rasanya enak. Lalu pada tahun 1806, tanaman Kakao Criollo akhirnya diperkenalkan ke Pulau Jawa. Kemudian pada tahun 1880, tanaman Kakao jenis Forastero mulai diperkenalkan di Indonesia. Jenis ini berasal dari Venezuela juga. Jenis Forastero mempunyai ketahanan terhadap hama yang lebih baik dibandingkan jenis Criollo. Namun, rasa dan aroma  kakao jenis Forastero kalah jika dibandingkan dengan jenis Criollo.

Pada tahun 1914, Dr. C.J.J. Van Hall menulis buku yang menceritakan tentang Kakao Indonesia pertama kali muncul. Dr. C.J.J. Van Hall, MacGillivray, dan Van Der Knaap adalah peneliti-peneliti yang giat melakukan seleksi guna mendapatkan bahan tanam unggul maupun calon induk pada awal pertanaman cokelat di Indonesia. 

Pemerintah Indonesia melalui Peraturan Pemerintah mulai mengurangi ekspor bahan mentah berupa biji Kakao kering pada tahun 2011. Pemerintah berkeinginan agar biji kakao yang dihasilkan di Indonesia bisa mulai diproduksi di Indonesia dan menjadi produk jadi sebelum akhirnya di ekspor. Dengan kebijakan ini diharapkan Indonesia dapat menjadi salah satu eksportir cokelat dunia.

Wisata Cokelat Klasik Cafe di Malang & Batu

Cokelat Klasik Cafe merupakan salah satu tempat destinasi wisata cafe terbesar dengan panorama alam yang dapat anda kunjungi saat berada di Kota Batu dan Malang.

Nah, begitu menarik bukan? Sejarah cokelat memang sangatlah panjang namun berkat penemuan yang berkembang mengenai cokelat inilah yang menjadikan cokelat menjadi konsumsi yang wajar saat ini. Bahkan dengan cokelat ada banyak manfaat yang diperoleh semisal menjadi bahan diet karena kandungannya yang seimbang dan tidak boleh dikonsumsi berlebih. Selain itu untuk anda yang suka dengan hidangan khas cokelat, Kami akan merekomendasikan cafe hits dan cafe instagramable di Malang dan Batu.

Cokelat Klasik Franchise

FREE ROYALTY - 100% KEUNTUNGAN MILIK ANDA

Franchise Cokelat Klasik sudah tersebar lebih dari 360 kota di Indonesia dan akan terus bertambah.

Kami menawarkan peluang usaha di bidang minuman berbahan dasar Cokelat. Bisnis yang sangat cocok bagi anda yang ingin memulai usaha dengan cepat dan mudah di kelola. Kami memberikan support penuh terhadap Mitra Cokelat Klasik dalam mengembangkan usahanya tanpa harus memiliki pengalaman tertentu atau ahli. Siapapun dan dimanapun anda berada, baik pegawai, mahasiswa pasti bisa!

Our Article

cokelatklasik.com – Nongkrong bukan lagi hanya kegiatan yang diagendakan. bahkan konsep cafe outdoor saat ini juga jadi incaran anak muda. spot outdoor …

cokelatklasik.com – Cafe Outdoor nuansa alam banyak diincar oleh banyak kalangan. apalagi nuansa alam malang, beh siapa sih yang ga pengen nikmati …

cokelatklasik.com – Cafe Outdoor nuansa alam banyak diincar oleh banyak kalangan. apalagi nuansa alam malang, beh siapa sih yang ga pengen nikmati …

cokelatklasik.com – Cafe Outdoor nuansa alam banyak diincar oleh banyak kalangan. apalagi nuansa alam malang, beh siapa sih yang ga pengen nikmati …

cokelatklasik.com – Cafe Outdoor nuansa alam banyak diincar oleh banyak kalangan. apalagi nuansa alam malang, beh siapa sih yang ga pengen nikmati …

cokelatklasik.com – Cafe Outdoor nuansa alam banyak diincar oleh banyak kalangan. apalagi nuansa alam malang, beh siapa sih yang ga pengen nikmati …

cokelatklasik.com – Cafe Outdoor nuansa alam banyak diincar oleh banyak kalangan. apalagi nuansa alam malang, beh siapa sih yang ga pengen nikmati …

cokelatklasik.com – Nongkrong sekarang menjadi kegiatan rutin muda mudi di malang. Cafe murah terkadang jadi solusinya. Dengan banyak konsep cafe yang menarik …

cokelatklasik.com – Healing ke malang emang banyak banget Wisata Alam Malang yang harus dikunjungi. Apalagi wisata air terjunnya, banyak banget. Bukan hanya …

cokelatklasik.com – Kemana lagi nih kalo wisata nggake malang. Malang sudah ikonik banget sama destinasi wisata alam nya yang banyak dan masih …

cokelatklasik.com – Nongkrong bukan lagi hanya kegiatan yang diagendakan. bahkan konsep cafe outdoor saat ini juga jadi incaran anak muda. spot outdoor …

Cokelatklasik.com – Wisata Batu banyak banget nih. Mulai dari pantai, air terjun, mata air tapi kalian perlu tahu nih dimana aja dan …

cokelatklasik.com – Nyari Tempat Ngopi? kalian pengen nongkrong ngopi sambil nyantai liat pemandangan? atau kalian nyari Tempat Ngopi yang punya suasana outdoor? …

cokelatklasik.com – Nongkrong bukan lagi hanya kegiatan yang diagendakan. bahkan konsep cafe outdoor saat ini juga jadi incaran anak muda. spot outdoor …

cokelatklasik.com – Nongkrong bukan lagi hanya kegiatan yang diagendakan. bahkan konsep cafe outdoor saat ini juga jadi incaran anak muda. spot outdoor …

cokelatklasik.com – Nongkrong bukan lagi hanya kegiatan yang diagendakan. bahkan konsep cafe outdoor saat ini juga jadi incaran anak muda. spot outdoor …

  cokelatklasik.com – Nongkrong bukan lagi hanya kegiatan yang diagendakan. bahkan konsep cafe outdoor saat ini juga jadi incaran anak muda. spot …

coba coba menulis coba coba menulis coba coba menulis coba coba menulis coba coba menulis coba coba menulis coba coba menulis coba …

Ada segudang manfaat coklat hitam bagi kesehatan tubuh. Sayangnya, hal itu jarang diketahui oleh banyak orang. Padahal, manfaat coklat hitam ini dipercaya bisa mengobati beberapa jenis penyakit berbahaya dan …

Berbagai manfaat coklat hitam bagi kesehatan tubuh sangat jarang diketahui oleh masyarakat khususnya di Indonesia. Coklat hitam mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh …

Hari kasih sayang atau Valentine’s Day identik dengan memberikan cokelat atau hadiah orang yang kita cintai. Hari Valentine yang umumnya dirayakan pada tanggal 14 Februari setiap tahunnya …

Cokelat Klasik merupakan Cafe yang memiliki konsep wisata alam pertama di Malang dan Batu!

Cokelat Klasik merupakan Merk milik CV Klasik © 2022 All Rights Reserved. Support by Yazidtech