12 Fakta Menarik tentang Cokelat, Salah Satunya Menstimulasi Endorfin

Setiap tanggal 13 September diperingati sebagai Hari Cokelat Internasional, makanan yang disukai banyak orang ini memiliki beragam fakta unik dan menarik.

Cokelat disukai karena bisa diolah ke dalam berbagai bentuk makanan, dan apabila diberi pemanis maka rasa cokelat semakin kaya dan enak.

Salah satu fakta menarik tentang cokelat ialah sering dijadikan makanan pengguggah mood karena cokelat menstimulasi endorfin untuk melahirkan hormon bahagia.

Cokelat tak bisa dilepaskan dari bagian penting sejarah kehidupan manusia, ada banyak fakta menarik selain cokelat meningkatkan endorfin. Apa saja?

1. Cokelat menstimulasi endorfin

Dikutip Kompas.com, cokelat bisa menstimulasi endorfin dalam otak. Endorfin adalah zat kimia dalam tubuh yang dikaitkan dengan rasa gembira di hati dan termasuk hormon kebahagiaan.

2. Berasal dari Amerika Tengah dan Selatan

Pohon kakao pertama kali dibudidayakan di Amerika bagian tengah dan selatan pada tahun 1250 sebelum masehi, bahkan lebih dari itu.

3. Arti pohon kakao

Nama ilmiah untuk pohon kakao untuk membuat cokelat adalah Theobroma cacao. Secara harfiah, arti dari penamaan tersebut yaitu ‘cacao, makanan para dewa’.

4. Sempat jadi alat pembayaran

Tak disangka, cokelat pernah menjadi alat pembayaran di suka Maya dan Aztec. Biji kakao atau bahan baku cokelat adalah sesuatu yang sangat berharga di masa itu.

5. Cokelat terberat di dunia

Berdasarkan catatan dari The Guinnes World RecordThorntons PLC membuat cokelat batang terberat di dunia yang mencapai 5.792,50 kilogram di Inggris Raya pada 7 September 2011.

6. Cokelat adalah sayuran

Cokelat adalah sayuran bukan arti sebenarnya. Alasan ini digunakan karena cokelat dihasilkan dari biji kakao yang tumbuh dalam buah pohon kakao.

Pohon kakao termasuk keluarga Malvaceae, yang masih satu keluarga dengan okra dan kapas. Oleh karena itu, cokelat kerap disebut keluarga sayuran juga.

7. Produk cokelat pertama adalah minuman cokelat panas

Tidak seperti sekarang, ternyata produk pertama cokelat yang tercipta adalah cokelat panas.

Cokelat pertama kali ditemukan di Aztec dan Mexico, dan mereka menyeduhnya menjadi cokelat panas dan sangat pahit, yang dinikmati di acara pernikahan dan acara penting lainnya.

8. Proses pembuatan yang lama

Membutuhkan banyak waktu dalam prosesnya untuk menghasilkan cokelat batang.

Contohnya, satu pohon kakao hanya bisa memproduksi biji kakao yang cukup untuk membuat 10 batang cokelat Hershey’s dalam satu tahun.

9. Memiliki lebih dari 600 komponen rasa

Ternyata cokelat memiliki lebih dari 600 komponen rasa. Berkat hal ini, aroma cokelat menjadi khas dan tentu saja cita rasa yang enak dan berbeda.

10. Asal kata cokelat

Chocolate adalah Bahasa Inggris dan cokelat adalah Bahasa Indonesia, ternyata memiliki kaitan dengan kata dari suku Aztec yait xocolatl yang artinya air pahit.

Penamaan ini dikarenakan sulitnya menemukan gula di Amerika Tengah saat cokelat ditemukan, alhasil rasanya masih sangat murni yaitu pahit.

11. Cokelat batang pertama muncul 1847

Cokelat batang pertama kali muncul pada 1847, yang diciptakan oleh Joseph Fry dengan bantuan anaknya. Mereka membuatnya dengan cocoa buttercocoa powder, dan gula.

12. Cokelat juga mengandung kafein

Rata-rata cokelat batang memiliki sedikit kandungan kafein di dalamnya. Diperkirakan, satu batang cokelat bisa mengandung 50mg kafein yang lebih tinggi daripada satu shot espresso.

Nah, itulah fakta menarik tentang cokelat dan sejarahnya ya, Kawan Puan. Selamat merayakan Hari Cokelat Internasional! (*)

Leave a Comment

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.