Selain Bantu Atasi Jerawat, Ini 7 Manfaat Cokelat untuk Kulit

Cokelat merupakan sebutan untuk hasil olahan makanan atau minuman dari biji kakao. Hasil olahan cokelat terkenal memiliki rasa yang lezat karena mengandung rasa manis menjadi kesukaan semua orang.

Tak hanya rasa, cokelat juga terkenal akan kaya manfaat untuk kulit. Beberapa kadungan yang dimiliki cokelat dapat menutrisi kulit dengan maksimal. Cokelat memiliki kandungan polyphenol dalam kakao yang memberikan manfaat apabila diaplikasikan pada kulit.

Cokelat sudah menjadi langganan untuk dijadikan sebagai salah satu campuran bahan untuk mengatasi jerawat di produk kecantikan. Antioksidan yang terkandung dalam cokelat akan membantu merangsang sel-sel kulit dan membunuh bakteri penyebab jerawat.

Selain mengatasi jerawat, cokelat juga memberikan efek lain untuk kulit, lho! Yuk simak berikut ini:

1. Melembabkan kulit

Cokelat diketahui memiliki antioksidan yang tinggi. Vitamin C salah satu yang terkandung dalam antioksidan tersebut. Vitamin C dapat mengatasi kulit yang kering dan kusam dengan membantu melembabkan kulit.

Selain vitamin C, pada cokelat juga terdapat mineral yang membantu untuk menghidrasi kulit yang kering dan kasar.

2. Meredakan peradangan kulit

Ekstrak kakao mengandung polifenol yang berada dalam cokelat diketahui dapat menyembuhkan gejala dermatitis atopik.

Polifenol dapat mengurangi peradangan dan menyembuhkan gejala alergi lain yang berkaitan dengan kondisi kulit. Oleh dari itu, cokelat diketahui dapat memberikan efek antiperadangan.

3. Mengangkat sel kulit mati

Sering menemui scrub dengan varian cokelat? Yup, cokelat juga dapat mengangkat sel-sel kulit mati karena memilik tekstur pengelupasan yang lembut. Selain itu, fungsi cokelat untuk kulit juga dapat meregenerasi sel-sel kulit yang baru.

4. Melindungi dari sinar UV

Cokelat juga mengandung flavonoid. Flavonoid serupa dengan antioksidan yang mampu untuk membantu menyaring sinar ultraviolet dan memperbaiki sel yang rusak akibat radikal bebas.

5. Mendetoks kulit dari radikal bebas

Cokelat mengandung vitamin A, B1, C, D, dan E yang dapat melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan radikal bebas. Detoksifikasi atau membuang racun yang menempel pada kulit dapat membuat kulit terbebas dari ruam atau alergi yang disebabkan oleh racun yang menempel akibat kosmetik atau polusi.

6. Mencerahkan kulit

Sudah bukan lagi menjadi rahasia, salah satu manfaat vitamin C yakni mencerahkan kulit yang kusam. Vitamin C mampu menghambat kerja melanosit atau sel yang memproduksi warna gelap di kulit. Penggunaan cokelat pada kulit dapat bekerja menghambat proses pigmentasi penyebab kulit yang gelap.

7. Mencegah penuaan diri

Lagi-lagi manfaat antioksiden tinggi yang dimiliki cokelat mampu menangkal radikal bebas penyebab penuaan. Flavonoid yang terkandung dalam cokelat bermanfaat meningkatkan elastisitas kulit dan mencegah penuaan.

Vitamin C yang berada dalam cokelat juga dapat meningkatkan biosintesis kolagen di kulit, hal ini bertujuan untuk membuat kulit menjadi lebih kenyal, tak hanya itu kolagen membantu mengurangi kerutan halus di kulit wajah seiring dengan pertambahan usia.

Anda bisa menggunakan produk yang mengandung cokelat di dalamnya seperti masker wajah, lotionscrub badan dan produk kecantikan lainnya untuk dapat merasakan manfaat yang dibawa oleh cokelat. 

Leave a Comment

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.